Sabtu, 17 Januari 2015

PANEL KOMIK

Panel komik merupakan komponen dasar dalam membuat sebuah komik. dalam pembuatan sebuah panel komik ada minimal dan maksimal panel dalam 1 halaman, dimana minimal panel adalah 1 dan maksimal adalah 8. Ini yang kadang tidak disadari oleh komikus pemula dimana mereka menaruh lebih dari 8 panel dalam 1 halaman. Panel komik harus dibuat seimbang antara kiri dan kanan juga atas dan bawah agar pembaca nyaman menikmati komik yang kita buat.




Gambar di atas adalah sebuah contoh panel komik. tipe panel diatas biasanya digunakan untuk membuat komik strip dimana ada 4 panel dengan ukuran yang sama.
cara membuat panel ada 2, yaitu dengan cara digital dan manual. Cara digital bisa menggunakan software, di antaranya menggunakan Manga Studio, dimana terdapat berbagai pilihan panel dalam bentuk yang variatif, tinggal kita pilih dan print di kertas yang akan kita gunakan untuk ngomik.
Cara manual tentu saja dengan membuat panel di atas kertas menggunakan penggaris dan pensil terlebih dahulu. banyak metode yang digunakan oleh komikus lain, tapi saya sendiri membuat panel manual dengan terlebih dulu membuat garis tepi 1,5 cm dari pinggir kertas baru kemudian membuat bidang-bidang kotak di dalam nya. Minimal panel adalah 1 dan maksimal panel adalah 8. berikut ini contoh panel manual yang saya buat untuk sebuah komik petualangan.


4 komentar:

  1. Apakah setiap satu panel itu satu adegan?

    Saya penulis yang baru bekerja sama dengan komikus, hawatir salah.

    Apa satu panel = satu adegan? Atau 1 panel bisa diisi beberapa adegan?

    Terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  2. satu panel normal nya hanya 1 adegan, sebisa mungkin buat agar tidak kelihatan penuh (sumpek)

    BalasHapus
  3. Saya download template komik tradisional dan ada template versi halaman judul 4 panel serta versi halaman isi 4 panel. Itu maksudnya apa ya gan?

    BalasHapus