Sabtu, 17 Januari 2015

KERTAS GAMBAR

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengenalkan jenis kertas yang saya gunakan untuk membuat komik. selera tiap komikus berbeda-beda dalam memilih kertas, dari mulai kertas gambar, kertas komik, sampai kertas HVS, bahkan ada komikus yang tidak memerlukan kertas karena langsung melalukan pekerjaan nya secara digital melalui komputer atau laptop dengan menggunakan software seperti Photoshop, Manga studio atau Paint tool SAI.




Kertas yang saya pakai seperti pada gambar di atas memiliki ketebalam 200 gsm dan warna kertas nya tidak cepat memudar, itu yang mendasari saya untuk memilih kertas tersebut. dengan ketebalan 200 gsm saya dapat dengan nyaman melakukan proses inking dan menghapus sketsa dibanding ketika saya menggunakan kertas HVS ukuran A4 biasa yang ketebalnnya hanya 70 sampai 80 gsm.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk jenis kertas di atas adalah Rp. 22.500 untuk 20 lembar kertas ukuran A4. lumayan mahal memang kalau di bandingkan dengan kertas HVS biasa, tapi semua itu tidak akan membuat seorang komikus kecewa karena kualitas kertas di atas sangat bagus.

1 komentar:

  1. How to find the best slot machine online - JtmHub
    The first 파주 출장샵 step is to 제천 출장샵 visit a website where you will find the best slot machine online. As a result, you'll 창원 출장샵 find 춘천 출장샵 that many games have 울산광역 출장안마 slot games that you can

    BalasHapus